(0362) 3312427
bkbp@bulelengkab.go.id
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Kegiatan Sosialisasi Dengan Tema

Admin bkbp | 20 November 2023 | 332 kali

Senin, 20 November 2023 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng mengadakan Sosialisasi dengan tema "Perkuat Wawasan Kebangsaan Untuk Sukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024” yang digelar oleh Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kab Buleleng yang dipimpin Sekda Kabupaten Buleleng diwakili Kaban Kesbangpol Kab.Buleleng (Komang Kappa Tri Aryandono, S.IP) bertempat di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng.

Hadir dalam kegiatan sebagai berikut :

1. Ketua KPU Kab Buleleng (Komang Dudhi Udiyana, ST)

2. Kasat Binmas Polres Buleleng (AKP. I Wayan Parta, SH) selaku Narasumber.

3. Dekan FHIS Undiksha Singaraja (Dr. I Nengah Suastika, S.Pd M.Pd) selaku Narasumber.

4. Dekan Fakultas Fisip Unipas Singaraja (Dr. Gede Sandiasa, S.Sos.,M.Si) selaku Narasumber.

5. Akademisi STAHN Mpu Kuturan Singaraja (Komang Surya Adnyana, S.Pd., M.Pd) selaku Narasumber.

6. Kodim 1609/Buleleng diwakili Bati Komsos (Serma Ketut Sunarta)

7. Para Sekretaris Dinas Lingkup Pemkab Buleleng.

8. Para Camat se-Kabupaten Buleleng.

9. Para Anggota Tim PPWK Kab. Buleleng

Sambutan Ketua PPWK/Sekda Kab Buleleng diwakili Kaban Kesbangpol Kab Buleleng (Komang Kappa Tri Aryandono, S.IP) menyampaikan, Kegiatan sosialisasi pusat pendidikan wawasan kebangsaan kabupaten buleleng dengan tema "Perkuat Wawasan Kebangsaan Untuk Sukseskan Pemilu Serentak 2024". Wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa indonesia tentang diri dan lingkungannya mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Wawasan kebangsaan harus ada dan dimiliki oleh setiap warga negara. Dengan memiliki serta memahami wawasan kebangsaan maka akan mengurangi potensi ancaman terhadap wawasan kebangsaan, sehingga kita dapat mengantisipasi sedini mungkin, agar potensi ancaman tersebut tidak berkembang dan memecah persatuan dan kesatuan bangsa. Kepedulian ASN dengan wawasan kebangsaan sudah terbentuk sejak awal.

Dari proses perekrutan ASN, wawasan kebangsaan sudah termasuk dalam tes dasar dalam merekrut ASN. Artinya ASN yang direkrut dan lulus pastinya mempunyai kepedulian yang tinggi akan perlunya wawasan kebangsaan, yaitu menjiwai semangat bangsa yang didalamnya terdapat semangat persatuan dan kesatuan. ASN sebagai abdi negara harus bisa menjadi motor penggerak utama dalam menjaga persatuan dan menjaga nilai-nilai pancasila di tengah banyaknya tantangan ancaman dari dalam maupun luar Negeri. Pemerintah memiliki kewajiban memfasilitasi pemilu 2024 agar berjalan demokratis sehingga hasil pemilu memiliki legitimasi yang kuat di masyarakat. Pelaksanaan pemilu 2024 tentu tidak bisa lepas dengan tantangan kebangsaan dan keberagaman. Oleh karenanya Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kabupaten Buleleng menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dengan tema "Perkuat Wawasan Kebangsaan Untuk Sukseskan Pemilu Serentak 2024". Dengan mengedepankan wawasan kebangsaan, ASN wajib menghindari konflik kepentingan, tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. Saya berharap kepada seluruh ASN lingkup pemerintahan kabupaten buleleng, selalu menjunjung asas netralitas menjelang pemilu 2024. Sebagai birokrasi pemerintahan, ASN harus fokus menjalankan tugas sesuai tupoksi dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis.