(0362) 3312427
bkbp@bulelengkab.go.id
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Diskusi Panel Forkomkon Ormas / Lsm, Partai Politik dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Buleleng

Admin bkbp | 05 Maret 2014 | 1501 kali

Hari / Tanggal         : Rabu, 5  Maret  2014

Waktu                       : 08.00 - 10.00 Registrasi

                                  : 10.00 - 10.30 Pembukaan

                                  : 10.30 - 11.45 SESI I

                                                             Pemakalah / Narasumber

                                                             - Ketua KPU Kabupaten Buleleng

                                                             - Ketua Panwas Kabupaten Buleleng

                                                             - Polres Buleleng

                                                            - Komisi Pernyiaran Informasi Publik

                                                            - Prof. Dr. Gede Yudana (Akademis)

                                   : 11.45 - 13.00 SESI II

                                                              Tanya Jawab / dialog

                                   : 13.00 - 13.30 Makan Siang

                                   :  13.30 - 14.00 Penutup

 

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengingatkan Partai Politik (Parpol) dan Calon Legislatif (Caleg) yang bersaing dalam Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014 untuk tetap menjunjung asas demokrasi serta taat terhadap aturan yang berlaku agar pesta demokrasi dapat berjalan damai dan lancar.

 

     ”Kegiatan ini menjadi sangat penting, sebab kepala daerah di bantu Kepolisian dan TNI memiliki tanggung jawab untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam perhelatan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden sesuai Instruksi Presiden No. 2 tahun 2013 tentang penanganan gangguan keamanan dalam negeri, terlebih dengan sistem pemilihan langsung dikhawatirkan akan menimbulkan gesekan antar pendukung partai politik,“ katanya ketika membuka kegiatan Forum Komunikasi dan Konsolidasi Partai Politik dengan melibatkan LSM, Ormas dan tokoh masyarakat di Hotel Banyualit dan Spa, Lovina, Rabu.

 

       Bupati Agus Suradnyana menekankan, Inpres tersebut mewajibkan kepala daerah bersama Muspida berkoordinasi untuk menjaga kondusifitas wilayah, sehingga tentunya berharap di Buleleng tidak ada konflik yang terjadi.

 

       Mantan Legislator Bali ini berpesan, agar dalam kegiatan kampanye para Caleg mampu memberikan pembelajaran politik yang cerdas kepada pemilih, sehingga mampu terdidik dan tidak berpikir negatif terhadap kegiatan politik. ”Idealnya para caleg harus menujukkan kualitasnya pada saat kampanye, sehingga darisana pemilih bisa menilai kualitas dari calon, berkualitas atau tidak untuk mewakili suara masyarakat,” imbuhnya.

 

      Sementara Kepala Kepolisian Resor Buleleng Ajun Komisaris Besar Benny Arjanto sebagai  narasumber menyatakan, pihaknya saat ini sudah memetakan daerah rawan konflik di Kabupaten Buleleng.

 

    Namun mantan Kapolres Badung ini berharap, langkah preventif seperti kegiatan Forkomkon antar Partai Politik mampu menekan potensi konflik, ”Kami sudah polakan sistem pengamanan terpadu untuk menciptakan pesta politik yang sehat, dan besar harapan kami Partai politik dan Caleg mampu saling menjaga simpatisannya agar tidak memunculkan konfik,” tegasnya.

 

    Kepala Kantor Kesbangpol Linmas Kabupaten Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra menekankan, melalui Forkomkon Parpol, Ormas dan Tokoh Masyarakat ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pemilu Legislatif serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014.

 

     Selain Kapolres, pada kegiatan Forkomkon ini, juga menjadi narasumber dari Ketua Panwaslu Kabupaten Buleleng, Ketua KPU Kabupaten Buleleng, unsur akademisi serta Komisi Penyiaran Informas