(0362) 3312427
bkbp@bulelengkab.go.id
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Buleleng

Admin bkbp | 17 Mei 2022 | 290 kali

Selasa, 17 Mei 2022, Kesbangpol mengadakan kegiatan sosialisasi dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa” oleh Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) Kabupaten Buleleng, yang dihadiri oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng  yang diwakili Kabid. Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan, turut hadir pula Camat Kubutambahan dan Perwakilan dari Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Buleleng, adapun peserta sosialisasi pada kegiatan tersebut menghadirkan dari tokoh-tokoh agama, etnis dan pemuda yang ada di wilayah Kecamatan Kubutambahan diantaranya: Ketua PHDI Kecamatan Kubutambahan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kubutambahan, Pemuda dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Kubutambahan. Dengan narasumber dari Anggota FPK yaitu : Divisi Informasi dan Komunikasi (I Gusti Tri Desiani Wijayanti) dengan materi Wawasan Kebangsaan dan Fungsi Wawasan Kebangsaan. Divisi Budayadan Wawasan Kebangsaan (Drs. I Ketut Indrayasa, M.Pd.H.) materi Pancasila sebagaidasar Negara Indonesia.

 Kepala Badan Kesatuan Bangsa Kabupaten Buleleng diwakili Kabid. Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan (Ni Nyoman Widiartami, SH., M.AP.) menyampaikan tentang 4 konsensus kebangsaan kalau dulu 4 pilar kebangsaan harus terus menerus digaungkan dilingkungan keluarga, masyarakat dan generasi muda. 4 Konsensus itu yakni Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ekadan NKRI. Salah satu 4 konsensus itu yakni Pancasila sebagai dasar negara, sebagai sumber dari sumber segala hukum, sebagai pandangan hidup dan Pancasila tidak hanya dihapal isi dari Pancasila itu, tetapi bagaimana implementasinya terutama penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Camat Kubutambahan (Drs. Made Suyasa, M.Si) menyampaikan agar acara sosialisasi dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, tidak hanya dilaksanakan 1 (satu) kali saja. Selain itu Bapak Camat Kubutambahan juga mengharapkan 4 (empat) Pilar Kebangsaan dapat diamalkan dengan baik dimasyarakat.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Buleleng (Ida Bagus Sudirga Raka, SE) menyampaikan tujuan dari diadakannya sosialisasi adalah untuk saling mengingatkan bahwa 4 (empat) Pilar adalah sesuatu yang menjadi dasar berbangsa dan bernegara. Bapak Sahrul (Ketua MUI Kecamatan Kubutambahan) menyampaikan bahwa dalam pembauran yang telah dilaksanakan diharapkan dapat diimplementasikan dengan sungguh-sungguh di masyarakat. Bapak Wijana (Ketua PHDI Kecamatan Kubutambahan) menyampaikan bahwa PHDI dan MDA Kecamatan Kubutambahan akan melaksanakan sosialisasi terkait wawasan kebangsaan kepada masyarakat, dalam hal tersebut diharapkan agar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng serta Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Buleleng bersedia untuk menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.