RAPAT KOORDINASI FKUB

  • Admin Bkbp
  • 04 Pebruari 2021

Kamis, 4 Januari 2021 Badan Kesbangpol mengadakan rapat koordinasi fkub bertempat di ruang pertemuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng di Jalan Dewi Sartika Singaraja. FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.FKUB yang dibentuk di tingkat provinsi dan kabupaten/kota bertujuan memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam pertemuan ini Ketua FKUB Kabupaten Buleleng DR.Drs Gede Made Metra, M.Si, mengklaim bahwa selama ini kerukunan, toleransi umat beragama di Kabupaten Buleleng berjalan dengan baik. Kondisi ini bisa tercipta di daerah yang luas wilayahnya hampir sepertiga lias pulau Bali, dikarenakan adanya pertemuan, dialog secara rutin antar umat beragama yang dikaitkan dengan peringatan hari raya di masing-masing umat.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Buleleng menambahkan, organisasi yang dipimpinnya bertugas membantu pemerintah untuk mewujudkan kerukunan umat beragama. “Melakukan sosialisasi, pembinaan kepada masyarakat tentang pentingnya hidup rukun antar umat beragama, hingga ke- Kecamatan-Kecamatan melakukan dialog dengan tokoh masyarakat, pemuka agama, guna menampung aspirasi sekaligus menyalurkan masukan sebagai bahan kebijakan untuk pemerintah Kabupaten Buleleng,”.Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Buleleng Drs.Komang Sumertajaya menekankan, kendati sampai kini kerukunan maupun toleransi antar umat beragama di daerahnya tercipta dengan baik, namun diharapkan tetap tidak lengah dan terus waspada sehingga jika ada riak-riak kecil cepat bisa direda.

Share Post :