New Normal Bukan Kebebasan Baru

  • Admin Bkbp
  • 26 Juni 2020
  • Dibaca: 158 Pengunjung

New Normal
Bukan Kebebasan Baru
Oleh : Roy Astika
( Kesbangpol Kab.Buleleng)

Setelah hampir 3 bulan penuh pikiran tercurah pada pandemi Covid- 19 dengan berbagai dilematikanya. Nampaknya Pemerintah Daerah Propinsi Bali segera akan menuju tatanan baru yang disebut dengan New Normal. Hal ini didasarkan pada beberapa analisa seperti terjadinya trend penurunan angka terjangkit Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten di Bali juga tingkat kesembuhan PMI yang terus mengalami peningkatan. Bahkan seperti kabupaten Buleleng akan mulai membuka kegiatan ekonomi masyaraka secara keseluruhan disemua sektor, kecuali beberapa obyek wisata. Kebijaksanaan untuk memberlakukan New Normal menurut rencana akan dilaksanakan serentak di Bali mulai tanggal 9 Juli 2020

APA NEW NORMAL
Edukasi kepada masyarakat memang sangat perlu terus dilakukan sehingga tidak terjadi gagal paham dimasyarakat menyikapi yang namanya new normal ini. Masih ada yang beranggapan bahwa new normal itu adalah dibukanya kebebasan baru sehingga kita boleh melakukan apa saja tanpa mengindahkan protokoler kesehatan. Bukan ..sekali lagi ini salah persepsi.
Justru new Normal itu lebih kepada melakukan kebiasaan baru dengan meninggal kebiasaan lama

Dulu biasanya kalau keluar rumah tidak pernah memakai masker, tapi sekarang harus memakai masker. Dulu kalau ketemu orang kita bersalaman, bahkan bisa cipika cipiki. Tetapi saat new normal menghindari sentuhan dengan orang lain. Termasuk kalau dulu kita jarang mencuci tangan setiap sebelum atau sesudah melakukan aktivitas , akan tetapi saat ini harus membiasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Ditempat keramaian biasanya berdesak desakan , tetapi saat ini mengatur jarak dengan orang lain .Prinsipnya protokol kesehatan dijadikan kebiasaan baru , inilah yang disebut new normal.Kenapa harus melakukan new normal, tentu jawabnya karena kita harus tetap waspada dengan pandemi Covid-19 Ini belum usai, kuncinya ada di masyarakat, jangan sampai masyarakat dan kita semua tidak disiplin menyebabkan munculnya klaster baru Covid- 19. Semua orang tidak ingin hal ini terjadi. Jadi mari masing - masing orang menjaga dan disiplin diri dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan. Mari kita sambut New Normal dengan PHBS - Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat.

Share Post :