KONSEP "  WAREG TANPE NEDE"

  • Admin Bkbp
  • 29 April 2020
  • Dibaca: 242 Pengunjung

KONSEP "  WAREG TANPE NEDE"

 

HADAPI KONDISI COVID-19

 Oleh : Roy Astika

(KESBANGPOL KAB.BULELENG)

Dalam konsep Budaya Bali ada istilah yang sering kita dengar yaitu " Wareg Tanpe Nede" atau kalau diterjemahkan  kurang lebih artinya Kenyang Tanpa Makan. Konsep Budaya Bali ini erat kaitan dengan teori ilmu  komunikasi modern yang ada saat ini.

Para pakar komunikasi menyatakan mengenai pengertian ilmu komunikasi secara jelas. Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara beromunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat.

Pakar lain ada yang mendefinisikan yaitu ilmu yang mempelajari cara-cara untuk mentransfer ide dari satu individu atau grup ke individu ataupun ke grup yang lainnya. Proses transfer itu sendiri dapat melalui media tertulis, lisan, maupun media yang lainnya

Jadi apa kaitannya dengan Konsep Budaya Bali Wareg Tanpe Nede.

Dalam pergaulan kita baik secara resmi atau tidak , dalam sebuah lembaga , maupun dalam kelompok masyarakat tertentu  tentu kita melakukan komunikasi baik lisan maupun tertulis.  Nah dalam proses komunikasi inilah terlihat ada benang merahnya antara teori komunikasi dengan konsep budaya bali itu. Bagaimana seseorang bisa merasakan dan menerima komunikasi itu dengan baik ,perasaan  senang, dan lega dan mau  melaksanakan apa yang kita komunikasi ibarat kenyang tanpa makan. Bukan sebaliknya membuat orang jengkel, dan marah.

Saya ingin mengatakan dalam tulisan ini, bahwa dalam menghadapi kondisi merebaknya covid-19 , mari kita mencoba mengkomunikasikan semua permasalahan yang muncul dengan komunikasi persuasif sehingga tercipta suasana kerja yang kondusif, nyaman , dan bergairah. Berusaha menyederhanakan  semua masalah yang muncul, bukan menambah rumit , mempersulit, dan saling menyalahkan.

Saya mengutip kalimat yang sangat inspiratif dari seorang Dokter Putra Sedana alias Dokter Caput yang menyatakan " LAKUKAN YANG KECIL UNTUK MENGATASI MASALAH YANG BESAR DENGAN CGT

C: Cuci Tangan

G : Gunakan Masker

T : Tetap Tinggal Di Rumah

Share Post :